8 Okt 2015

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMA

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Satuan Pendidikan        :  SMA Negeri 1 Blangpidie
Mata Pelajaran              : Bahasa Inggris
Kelas/Semester             : XI / 1
Alokasi Waktu              : 2 x 45 menit ( 1 x Pertemuan )
Topik Pembelajaran      :  Monolog Narrative Text.

A.     Standar Kompetensi
         Mendengarkan
2.                           Memahami makna teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative dalam konteks  kehidupan sehari-hari.          
B.     Kompetensi Dasar
2.2.            Merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative.

C.     Indikator Pencapaian Kompetensi
1.    Kognitif
a.    Produk:
-       Siswa dapat mengidentifikasi makna kata yang diperdengarkan.
-       Siswa dapat mengidentifikasi tindak tutur dari monolog berbentuk narrative.
-       Siswa dapat menginterpretasi peristiwa yang didengar pada teks monolog berbentuk narrative.
b.    Proses:
-  Siswa dapat memahami peristiwa yang didengar pada teks monolog berbentuk
narrative.
1.    Afektif
-       Siswa dapat menjawab pertanyaan guru dan /atau siswa lain dengan sopan, bertanggung jawab, dan saling menghargai.
-       Siswa dapat mempraktekkan proses belajar kooperatif, antusias dan fair.
2.    Psikomotor
-       Siswa dapat mengungkapkan makna kata dari teks monolog berbentuk narrative.
-       Siswa dapat melakukan dialog bersama teman atau kelompok menggunakan teks berbentuk monolog berbentuk narrative.
-       Siswa dapat bereaksi pertanyaan -pertanyaan yang berhubungan teks monolog berbentuk narrative yang didengar dengan lafal, gramatika, dan diskusi yang tepat dan lancar.


D.     Tujuan Pembelajaran:
1.    Kognitif
-       Siswa dapat mengetahui makna tindak tutur dari monolog berbentuk narrative.
-       Siswa dapat mengetahui tindak tutur dari monolog berbentuk narrative.
a.    Siswa dapat memahami peristiwa yang didengar dalam percakapan.
2.    Afektif
a. Siswa dapat mengungkapkan makna kata yang didengar dalam percakapan dengan penuh penghayatan.
b. Siswa dapt menjawab pertanyaan guru dan /atau siswa lain dengan sopan, bertanggung jawab, dan saling menghargai.
c. Siswa dapat mengikuti proses belajar kooperatif, antusias dan fair.
3.    Psikomotor
a.       Siswa dapat mengungkapkan makna kata dari percakapan yang diperdengarkan.
-       Siswa dapat menjelaskan makna tindak tutur monolog berbentuk narrative yang didengar dengan lafal, gramatika, dan diksi yang tepat dan lancar.
-       Siswa dapat melakukan dialog dengan menggunakan makna tindak tutur monolog berbentuk narrative bersama teman atau kelompok.

E.     Materi Pembelajaran:
1.      Teks monolog berbentuk narrative. Title “ The Story of Squanto”
F.      Metode Pembelajaran/Teknik:

Three – phase technique

-       Pre listening
-       Whilst listening
-       Post Listening

G.     Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal (10’)
a.    Apersepsi
-     Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
-     Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin).
-     Mengulang sejenak materi yang telah lalu sebagai langkah penguatan siswa tentang materi yang telah dipelajarinya.
b.    Orientasi/Observasi:
-     Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter.
-     Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD
-     Siswa diberikan pre test.
-     Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku teks.
c.    Motivasi
-     Memotivasi siswa akan pentingnya materi yang akan disampaikan.
Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
-       Memberikan stimulus berupa pemberian materi monolog berbentuk narrative.
-       Mendiskusikan materi bersama siswa (Buku: Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai monolog berbentuk narrative.
-            Memberikan kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai monolog berbentuk analytical exposition
-       Siswa diminta membahas contoh soal dalam Buku: Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai monolog berbentuk narrative.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
-       Membiasakan siswa membuat teks monolog berbentuk narrative.
-            Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi  guru:
-            Memberikan umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
-            Memberi konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber buku lain.
-            Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan.
-            Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi monolog berbentuk narrative.

Kegiatan Akhir (10’)
-       Siswa diminta membuat rangkuman dari materi mengenai monolog berbentuk narrative.
-       Siswa dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
-       Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi monolog berbentuk narrative.
-            Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H.           Penilaian
2.     Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh.
No.
Indikator
Teknik
Bentuk
Contoh
1.



2.

Merespon wacana -monolog berbentuk narrative..

Melakukan monolog berbentuk narrative.
Tes Tulis


Unjuk Kerja
question and circle the correct answer.

Presentasi Lisan
Listen to the monolog and answer the questions!

Make a simple dialogue with the problems above and practice it with your partner!

I.             Sumber Belajar dan Media
         a. Sumber Belajar          : Internet
         b. Media Pembelajaran  : - Script monolog berbentuk narrative.

J.    Lampiran:

-       Teks monolog berbentuk narrative.
The Story of Squanto?”
1.    Evaluasi:
Task I: Listen the following story and complete the story with words you heard.

The Story of Squanto

Squanto was a Native American .He was a ________________ of the Patuxet people. They lived in a place we now call Massachusetts. _________ came to North America on a _____________ called the Mayflower. They came from  England. Squanto __________ with them. He knew how to speak English. Squanto was a _____________ . He helped the Pilgrims get to know other Native Americans. Squanto was a __________ . He took the Pilgrims  to the river to _________ fish. He showed the Pilgrims where to ______. Squanto was a ____________ . He taught the Pilgrims how to plant Corn. He put fish into the ¬¬¬¬¬-_________ along with the corn seeds. That made the soil better for growing corn. Squanto was a friend. He showed the Pilgrim children where to find nuts and _________ . Squanto had taught the Pilgrims many things. Soon the Pilgrims harvested their crops. They had corn, ___________, and squash. The Pilgrims ___________ to have a harvest feast. They invited Squanto and other Native Americans. They all ____  ___________ and gave thanks.
Native American         hunt     Teacher            The Pilgrims    Berries
Talked Catch   ate together     Decided          Guide
Ship     ground Member           beans   Helper

Task II: Work in pair. Read the text above with your group and choose the correct answered the questions.

1.         What is the story about?
2.         Who is the main character in the story?
3.         Where is the Pilgrims from?
4.         Why does Squanto suggest to plant the corn with using fish?
5.         What is the moral message in the story ?

2.    Skor dan Rubrik Penilaian:
·      Untuk nomor   1, tiap jawaban benar diberi skor 10
·      Untuk nomor   2, mengikuti rubrik penilaian berikut ini:
No
Uraian
Skor
1.
2.
3.
Isi, langkah retorika dan tata bahasa benar
Isi,langkah retorika dan tata  bahasa kurang tepat
Isi, langkah retorika dan tata bahasa tidak tepat
41 – 50
21 - 40
0  -  20

  Jumlah skor maksimal  : 1. Jika semua jawaban benar (5x10) =   50
                                     : 2. Jika skor maksimal diraih               =   50
Jumlah                         : 100

Mengetahui:                                                                Kuala Batee, 11 Mei 2013
Kepala Sekolah                                                           Guru Mata Pelajaran
SMA Negeri 1 Kuala Batee



Kasman Sinaga, S.Pd                                               Bustami

NIP:                                                                            NIM:09010100

Tidak ada komentar:

Posting Komentar